Hari Ibu: Sontek Cara Menjadi Ibu yang Tangguh

ddd

 

Dalam rangka peringatan Hari Ibu tiap tanggal 22 Desember, kita akan diarahkan mengingat bagaimana perjuangan ibu yang telah hamil dan melahirkan. Tatkala Anda kini berada di posisi yang sama seperti ibu Anda, khususnya bagi ibu muda. Anda juga mengharapkan anak yang lahir kelak mendapatkan curahan kasih sayang.

Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum kehamilan tiba. Dokter Febriansyah Darus, seorang ahli obstetrics dan gynecology mengatakan, bentuk fisik ibu akan berubah saat hamil itu wajar.

“Kehamilan merupakan proses alami si Ibu untuk mempersiapkan generasi yang akan datang. Yang perlu ditekankan hamil bukanlah kondisi sakit. Tidak semua keluhan hamil dapat dihilangkan dengan obat-obatan. Berat badan pasti naik ya wajar tapi harus tetap dijaga. Perubahan mood, mual, dan muntah juga wajar,” kata Dokter Febriansyah.

Asupan gizi selama kehamilan harus cukup dan rajin berolahraga. Seluruh olahraga untuk ibu hamil dapat dilakukan asalkan tidak memberi tekanan di kaki, seperti push up. Anda bisa melakukan yoga dan senam hamil.

Dukungan orang-orang terdekat

Persiapan menjadi seorang ibu juga harus didukung orang-orang terdekat, seperti suami dan keluarga. Jika tidak ada dukungan dari orang-orang terdekat, si Ibu akan mengalami kesulitan merawat anak.

Ketika anak sudah lahir lalu Anda diserang stres akibat pekerjaan kantor, tanpa disadari Anda bisa saja mengabaikan si kecil. Hal tersebut diungkapkan Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani.

“Anda bisa mudah marah. Di sini suami juga harus bisa bekerja sama dengan Anda. Suami bergantian menjaga anak. Jika suami sedang tinggal jauh, ada keluarga dekat yang membantu Anda. Kalau pun keluarga jauh berarti Anda bisa mengandalkan teman-teman dekat,” ungkapnya.

Psikolog yang akrab disapa Nina menambahkan, bila keluarga Anda berada jauh, Anda bisa meminta bantuan tetangga. Misal, minta tolong menjaga anak Anda sejenak.

Demikian penjelasan yang disampaikan  Dr Febriansyah dalam acara “Lactamil Ajak Keluarga Rayakan Hari Mama Tiap Hari” untuk merayakan Hari Ibu pada Rabu (22/12/2016)

 Sumber : www.Liputan6.com