Ada Manfaat Sehat di Balik Teduhnya Pohon Natal

iii

 

Menghias pohon cemara maupun pinus menjadi salah satu kebiasaan merayakan Natal. Hadirnya pohon Natal bukan hanya sedap dipandang, tetapi juga memiliki manfaat sehat untuk Anda.

Pohon Natal yang berasal dari cemara atau pinus asli mengandung vitamin C. Fakta ini dibuktikan oleh legenda pada 1940. Kala itu, penjelajah Prancis, Jacques Cartier, terjebak di suatu wilayah dan nyaris menghadapi kematian akibat penyakit kudis. Lalu kepala suku di wilayah tersebut memberikan seduhan teh pinus.

Penelitian pun dilanjutkan oleh Masquelier. Ia menguji pohon cemara laut dan menemukan senyawa antioksidan berisi flavonol dan bioflavonoid. Kandungan tersebut kemudian diolah menjadi suplemen makanan bernama Pycnogenol.

Berikut manfaat pohon Natal (asli) yang perlu Anda ketahui seperti dilansir laman Health, Kamis (22/12/2016).

1. Redakan stres

Studi terdahulu yang dilakukan Universitas Kyoto Jepang menemukan, berjalan-jalan di bawah pohon pinus mampu mengurangi stres.

Penelitian ini dilakukan pada 498 relawan dengan kondisi sehat. Mereka berjalan kaki selama 15 menit di tengah hutan pinus. Peneliti lalu melakukan penilaian dan menemukan skor besar bahwa relawan merasa lebih rileks usai berjalan di hutan pinus.

2. Redakan bronkitis juga batuk

Selain dapat mempengaruhi emosi, minyak yang dihasilkan dari pohon Natal baik untuk meredakan batuk dan sinus. Anda hanya perlu meneteskan tiga kali minyak pinus ke dalam bak berisi air panas, lalu hirup uapnya.

3. Redakan sakit otot

Campuran lima tetes minyak dari pohon Natal yang berasal dari pinus (P. pinaster) dengan dua sendok minyak makan, dapat digunakan sebagai minyak pijat yang dapat meredakan nyeri pada otot.

 

Sumber : www.Liputan6.com